Kamis, 13 Oktober 2011

Mengatasi Insomnia


aaarrrrgggghhhhhhh………
Ga banget nih sebenernya gue nulis TIPS MENGATASI INSOMNIA soalnya gue termasuk orang di dalamnya , yang  ga bisa tidur malem , gue tidur pasti di atas jam 4 pagi -_- entah kebiasaan atau apa , nyoba-nyoba nyari gmana cara mengatasi INSOMNIA dan yang gue dapet dari baca buku gratis dan cari tau di mbah google . hehehehehe….
INSOMNIA ?  Apaan tuh ?  Insomnia adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak. Rata-rata tiap orang pernah mengalami insomnia paling tidak sekali dalam hidupnya. Insomnia bisa nyerang siapa aja, gak peduli muda atau tua. Biasanya gejala insomnia akan semakin meningkat seiring pertambahan usia .
Tau gak sih kalo insomnia tuh ada 2 jenis, yaitu insomnia kronis dan insomnia sesaat. Kalo kamu ngerasa susah tidur atau tidur kamu gak nyenyak selama tiga hari atau lebih, artinya kamu bisa dibilang lagi insomnia kronis (gue masuk yang kronis kayanya) Penyebabnya antara lain karena penggunaan kafein dan alkohol secara berlebihan, mengalami stres berkepanjangan, atau udah kebiasaan melakukan aktivitas malam (penyebabnya kayanya ini yang bener) . Nah kalo insomnia sesaat tuh munculnya kadang-kadang, yah paling sehari doang. Insomnia sesaat lebih disebabkan oleh stres ringan, gangguan lingkungan (berisik, banyak nyamuk, dll.), suhu yang ekstrem, atau efek samping pengobatan.
Mmm..kayaknya ngalami insomnia tuh gak enak banget yah, tidur jadi gak nyenyak, badan jadi gak enak. Trus gimana dong cara ngatasi insomnia ? Nih ada beberapa tips yang bisa dipake buat ngurangi atau bahkan menghilangkan insomnia..
katanya , ga tau kata siapa juga :D penyebab insomnia bisa bermacam-macam yaitu cemas, stres, suasana kamar tidur yang tidak mendukung (kamer gue berantakan ngaruh kali ya yang ini) atau bisa pula karena makanan yang salah.
Meminum secangkir teh herbal atau susu hangat sebelum tidur juga akan sangat membantu. buat gue masih ga ngaruh -_- coba ya barangkali ngaruh buat kalian :)   Sebaliknya, hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi, coklat dan minuman bersoda .
Mesti memperhatikan waktu makan, beri waktu minimal dua jam sebelum tidur setelah menyantap makanan terakhir makan malam. Jarak makan yang terlalu dekat dengan waktu tidur justru akan meningkatkan metabolisme dan suhu tubuh, sehingga membuat tidur semakin sulit. Dengan cara ini, Anda juga dapat menjaga berat badan, mengingat tidur setelah makan besar akan banyak menyimpan lemak.
Kelaperan juga bisa tuh bikin insomnia , Jika benar-benar kelaparan, pilihlah cemilan seperti sereal gandum yang dicampur susu, tofu, bubur gandum, atau roti yang ditaburi wijen. Namun, tetap saja berikan jarak minimal satu jam sebelum tidur karena tryptophan juga membutuhkan waktu untuk merangsang otak.
Trytophan atau yang sering disebut zat penidur. Trytophan, yang merupakan jenis asam lemak, berfungsi menghasilkan serotonin yang dapat mengendurkan syaraf pada pusat otak. Saat otak sudah rileks, Anda akan lebih mudah tertidur dengan kualitas yang baik.
Sayur daun pepaya juga biasa digunakan untuk mengatasi INSOMNIA .
Hentikan menonton TV, membaca buku, setidaknya sejam sebelum tidur .
Mendengarkan musik bisa membantu memperlambat proses yang terjadi dalam tubuh sehingga tubuh anda menjadi lebih santai. Keadaan ini akan mempemudah anda untuk tidur. (ya bisa di coba seengganya bisa membantu sedikit)
Jernihkan pikiran anda. Enyahkan segala kekhawatiran yang menghinggapi pikiran anda. Salah satu cara untuk ini adalah menuliskan semua pikiran anda lewat media blog. (Y)
Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari. Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur anda selanjutnya.
Nah silakan coba deh tips diatas buat yang ngerasa punya gejala insomnia. Insomnia bukan merupakan penyakit bawaan dan dengan demikian tentu akan mudah disembuhkan. Tapi kalo tips diatas masih gagal ngurangi insomnia  emang udah bawaan apa nasib hehehehehehehe soalnya biarpun gue ikutin sedikit cara yang di atas tetep aja gue masih INSOMNIA , oh iya satu lagi kalo masih ada temen ngobrol itu salah satu faktor utama INSOMNIA , coba kalo ga ada temen ngobrol , bengong sendiri juga pasti bosen mending tidur ya kannnnn ? IYA DONG :D cukup sekian dan terimakasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar