Selasa, 10 Juli 2012

Resensi Novel


Surat Kecil Untuk Tuhan

Judul Novel : Surat Kecil Untuk Tuhan
Karya          : Agnes Danovar
Penerbit      : Inandra Published
Tebal           : 232 Halaman
Alur             : Maju 
Ringakasan Cerita :

Cerita ini bermulai di Sekolah ada seorang gadis yang bernama Keke yang masih SMA. Dia adalah anak yang paling pintar di kelasnya. Disana ada seorang pria yang mencintai Keke yang bernama Andi. Setelah pulang sekolah si Andi mengungkapkan isi hatinya kepada Keke. Dan si Keke menerimanya. Mereka berpacaran. Keke juga seorang penari di sekolahnya dan mempunyai teman-teman dan sahabatnya yang menyayanginya beserta keluarganya.
          Beberapa hari kemudian si Keke mengalami rasa sakit di tubuhnya yang sampai merusak tubuhnya tapi belum mengetahui apa penyakitnya. Ayah Keke dan teman-temannya berusaha bertanya kepada semua orang tetapi orang tersebut tidak berani melihat Keke karena wajahnya yang sudah hancur itu. Dan akhirnya Ayah Keke menanyakan kepada dokter ahli nya dan ternyata si Keke mengalami penyakit Kanker. Ayah Keke tidak berani untuk mengasih tau kepada Keke bahwa dia mengalami penyakit kanker, dia tidak mau sampai menyakiti anaknya karena mendapatkan kabar buruk tentangnya. Ayah Keke selalu bilang itu hanya penyakit biasa aja nanti juga sembuh.
          Tapi gak lama kemudian Ayah Keke harus mengungkapkan yang sebenarnya karena cepat atau lambat pasti Keke akan mengetahui penyakitnya itu. Dan Keke merasa shock atau kaget bahwa ia terkena mengalami kanker. Keke terus mencari informasi tentang penyakit kankernya itu sampai ke internet.
          Keke terus mengurung dirinya di kamar karena gak kuat mengalami penyakit yang sangat berat sampai tidak mau makan dan minum obat. Keluarganya terus berusaha membujuk Keke agar dia mau makan dan minum obat tapi Keke tetap keras kepala tidak mau membukakan pintunya bahkan sampai sahabatnya dia tidak mau. Terus akhirnya si Andi dateng ke rumah Keke bagaikan pahlawan yang menyelamatkan Keke. Andi mengetuk pintu kamar Keke.. “keke ini Andi tolong bukakan pintunya”. Akhirnya Keke mau membukakan pintunya dan membiarkan masuk Andi nya. Di dalam kamar Keke si Andi berusaha membujuk Keke agar dia mau makan dan Andi juga menyanyikan sebuah lagu untuk Keke agar dia tersenyum lagi.
          Ayah begitu bahagia melihat Keke kembali bersemangat menjalani hidupnya. Ayah Keke membawakan Keke bertemu dengan dokter untuk melakukan kemoterapi karena tidak mau sampai menjalankan operasi yang dapat berakibat buruk untuk Keke.
          Keke senang dapat kemoterapi karena masih ada kemungkinan untuk sembuh kembali. Dan hasil kemoterapi tersebut hasilnya positif tapi membuat rambut Keke ilang. Setelah Keke sudah mulai sembuh dari penyakitnya itu melanjutkan kembali kegiatan belajarnya di sekolah.
          Ayah Keke mempunyai istri tetapi tidak memiliki hubungan yang baik dan tidak tinggal dalam satu rumah tetapi bagi Keke dia tetaplah ibunya dan dia harus tau bagaimana kondisi keke yang sebenarnya. Keke maunya melihat hubungan mereka akur kembali seperti dulu
          Pada saat itu Chika kakanya Keke dateng ke rumah biasalah habis melakukan kegiatan balapan lagi. Ayah keke tidak suka melihat kakaknya itu melakukan hal yang berbahaya dan uangnya sudah mulai habis untuk melakukan operasi terhadap Keke. Chika tetap keras kepala dan tidak peduli kepada ayahnya kepada dirinya dan ibu nya. Karena ayahnya juga tidak peduli terhadap chika nya. Keke mendengarkan pembicaraan chika sama ayah. Dan chika kabur dari rumah dan melakukan balapan. Si keke ikut masuk ke mobil chika dan ikut melakukan balapan juga. Ditengah jalan mobil chika berhenti dan chika menyesali apa yang diperbuat sendiri tidak baik, karena ingin melihat keke tersenyum dan bisa sembuh lagi.
          Keesokannya kakaknya keke Chika pergi jalan bareng bersama Keke walaupun dengan rambutnya yang botak itu Keke tetaplah adiknya yang disayanginya. Gak lama kemudian penyakit kankernya keke kambuh lagi dan semakin parah. Dan di sekolah keke juga sudah mau ujian. Mau gak mau keke juga harus mengikuti ujian tersebut. Dengan kursi roda dan keadaan yang melemah keke dateng ke sekolah diantar oleh ayahnya. Dan mengikuti ujian sekolahnya tersebut. Dan ayahnya mengawasi keke agar tidak terjadi apa-apa disekolahnya. Setelah itu pulang dan ada Andi yang menjemputnya di sekolah. Keke merasa tak pantas bersama Andi lagi karena penyakitnya yang berat itu dapat merugikan Andi. Pada saat Andi mau memberikan hadiah boneka kepada Keke, Keke memutuskan hubungannya. Andi merasa sedih apa yang telah Keke katakan itu. Keke mulai menjalani hidupnya sendiri yang umurnya sudah tidak tahan lama itu.
          Di sekolahnya ada acara gitu Keke dan temannya disuruh menari gitu. Keke memang tidak bisa mengikuti kegiatan tersebut karena penyakitnya yang gak memungkinkan untuk mengikutinya. Tapi keke mononton dari panggung kegiatan teman-temannya menari itu. Dan teman-temannya keke sangat sedih sekali tidak bisa bareng bersama keke.
          Hari demi lalu berlalu yang sebentar lagi menjelang umurnya Keke. Penyakit Keke semakin parah sampai dia dirawat di rumah sakit. Semuanya keluarga Keke dan teman-temannya Keke beserta Andi yang masih mencintai Keke mendoakan agar Keke bisa agar bisa kuat menjalani cobaan terhadap dirinya. Semua sudah mulai ikhlas kepergiannya keke walau itu sangat menyakitkan sebelum pergi keke menulis sesuatu yang berisi “ aku hanya ingin melihat keluargaku bahagia dan rukun. Aku ingin ketika aku pergi keluarga bisa ikhlas dan menerima semua ini. 15tahun lamanya Keke hidup dalam sebuah kebahagaan di dunia ini” Tapi yang namanya takdir yang tidak bisa diubah. Ajal pun datang dan akhirnya Keke dipanggil yang maha kuasa. Kehidupan Tiada yang abadi semua hanya sementara. Tapi kehidupan yang diajarkan Keke mengajarkan kita akan sebuah ketabahan dan kekuatan bahwa hidup akan selalu ada untuk setiap orang dan selalu akan ada akhirnya.

Tokoh utama dalam novel Surat Kecil Untuk Tuhan      :
1.     Keke
Merupakan tokoh ‘Aku’ Seorang gadis cantik yang baik hati yang memiliki penyakit kanker yang mencintai seorang pria yang bernama Andi, dan memiliki kakak dan ayahnya yang selalu menyemangatinya. Walaupun memiliki penyakit yang sangat berat ia tetap semangat menjalani hidup ini. Dan ia sangat menyayangi keluarganya

2.    Andi
Seorang pria yang mencintai seorang gadis yang bernama Keke. Ia mencintai apa adanya walaupun Keke mempunyai penyakit kanker yang dapat merusak tubuhnya. Dan ia tetap terus menyemangati keke.

3.    Ayah Keke
Seorang ayah yang mempunyai 3 anak yaitu keke, chika, kiki. Yang selalu membantu keke dari penyakit kankernya bila lagi kesusahan dan selalu menemani dan mempunyai istri tetapi tidak memiliki hubungan yang baik

Pelajaran yang bisa di dapat dari novel Surat Kecil Untuk Tuhan
Dari novel banyak sekali pelajaran yang bisa di dapat, diantaranya:

·         Novel ini mengajarkan kita tentang semangat hidup dari penyakit yang dialami yang sangat berat harus tetap kuat dan jangan mau kalah terhadap penyakitnya walaupun umur sudah mulai pendek.

·         Cerita di dalam novel ini juga mengajarkan kita untuk mencintai apa adanya terhadap seseorang tidak memandang dari sisi buruknya

·         Dan selain itu juga terdapat kasih sayang dari keluarga yang selalu menyemangati anaknya agar tetap sembuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar